Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ikan Cupang Avatar: Jenis, Ciri-ciri, Cara Merawat Hingga Harga

Ikan cupang Avatar tak terus naik daun, laris manis menjadi incaran pecinta ikan cupang hias berkantong tebal.

Dikenal sebagai ikan cupang termahal, saat ini cupang avatar memang berada di kasta tertinggi sebab warnanya begitu istimewa, hasil dari persilangan berbagai jenis cupang sehingga mampu menghasilkan corak dan warna yang menarik.

Mari ketahui lebih lanjut tentangnya, sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin membeli atau membudidayakannya, atau bisa juga memberi wawasan tambahan untuk Anda yang ingin tahu tentang kan cupang.

Ikan Cupang Avatar

Ciri Ciri ikan Cupang Avatar

1. Mengenal Ikan Cupang Avatar

Ikan cupang avatar berasal dari kawin silang peternak Thailand, jadi bukan asli dari alam. Ia juga dikenal dengan nama Cupang Black Galaxy Star dan Cupang Avatar Galaxy.

Penemunya bernama Somkiat Intamu, beliau seorang breeder profesional dan terkenal di Thailand.

Beliau mendaat insprasi dari film documenter bergambar bintang biru, kemudian muncul ide untuk menciptakan ikan cupang warna tersebut.

Butuh waktu bertahun-tahun selama prosesnya, tak heran jika cupang avatar ini dijual dengan harga yang mahal.

  • Habitat

Ikan cupang avatar tidak memiliki habitat asli di alam, sebab mereka merupakan hasil kawin silang, jadi habitatnya ada di lingkungan manusia.

  • Reproduksi

Awal mula ikan cupang avatar dari indukan Cupang Blue dan Cupang Green Peacock. Awalnya sang breeder memilih Cupang Green Peacock untuk inbreed selama 2 generasi, hasilnya ialah cupang black light yakni cupang dengan dominasi warna hitam dan warna biru menyala di ekor dan siripnya, namun ia belum memiliki sisik mutiara.

Kemudian dikawinkan lagi dengan Cupang Black Candy atau Nemo selama 3 generasi agar memiliki gen yang kuat. Selanjutnya dikawinkan dengan Cupang Black Light, barulah hasilnya Ikan Cupang Dark Blue Avatar. Jenis warna yang lain pun dikembangkan dengan kawin silang hingga menghasilkan berbagai jenis cupang avatar berbagai warna.

2. Ciri-ciri Ikan Cupang Avatar

  • Warna

Ikan cupang avatar punya ciri warna dominasi hitam pekat dengan sisik mutiara di tubuhnya, sisiknya acak dan berbentuk titik mutiara kecil, seperti bintang di langit atau galaksi. Sisiknya berjenis metalik. Dari warnanya, cupang avatar dibagi menjadi beberapa jenis :

  • Bentuk Tubuh

Bentuk tubuh ikan cupang avatar sama seperti ikan cupang pada umumnya, memanjang dengan bentuk ekor dan sirip yang beragam sesuai jenisnya.

Ada yang ekornya berbentuk setenga bulan atau huruf D, ada juga yang ekornya lebih lebar seperti huruf C.

  • Mata

Ikan cupang avatar ini punya warna mata hitam dan bentuk matanya bulat. Matanya tidak terlihat sebab kepala dan tubuhnya berwarna hitam.

3. Harga Ikan Cupang Avatar

Ikan cupang avatar dewasa di pasaran dijual seharga ratusan ribu – 3 juta tergantung corak, warna, dan ukurannya.

Belilah di tempat yang terpercaya agar mendapatkan cupang avatar yang jelas bagus kualitasnya.

Memulai usaha beternak ikan cupang avatar, bisa dengan teknis dan panduan yang benar. Berikut penjelasan lengkap mengenai Cara Ternak Ikan Cupang.

4. Cara Merawat Ikan Cupang Avatar

  • Makanan Ikan Cupang Avatar

Ikan cupang avatar identik dengan warnanya yang indah menyala, untuk mempertahankan bahkan meningkatkan keindahannya, Anda bisa memberinya makanan seperti:

  1. Salmon
  2. kutu air
  3. jenis daphnia
  4. spirulina
  5. udang air asin

Anda menambahkan suplemen berisi asam lemak atau vitamin agar nilai nutrisinya bertambah.

  • Setup Akuarium
Dari segi perawatan, ikan cupang jenis avatar fokus pada pH dan kualitas air, jika ingin mengembangbiakkan, kualitas indukan menjadi kuncinya agar hasil anakan bisa mencapai kualitas standart pasaran.

Saat ini yang paling banyak dikembangbiakkan ialah warna hitam pekat dengan titik biru menyala di badannya karena nampak indah seperti galaxy.

Agar bisa berkembang dengan baik, perhatikan set up akuariumnya sebagai berikut :
  • Akuarium ukuran tepat
Ikan cupang avatar bisa dipelihara di akuarium minimalis seperti diameter 20 x 15 x 15 cm, Anda bisa menambahkan batu atau tanaman agar lebih berwarna.
  • Air
Sangat disarankan untuk memakai air tawar sebab karakter habitat aslina dari sawah dan rawa-rawa. Pakai air sumur, jika tidak ada, Anda bisa pakai air PAM yang sudah diendapkan. Hindari penggunaan klorin atau kloramin sebab bisa membahayakan.
  • Penggantian air
Bersihkan air dengan hati-hati agar mereka tidak mati, hindari mengganti air secara drastis, campur air lama dengan yang baru agar mempermudah mereka menyesuaikan diri dengan air di akuarium.

Hindari membersihkan air dengan jarring sebab jika terkena siripnya yang halus bisa menimbulkan luka.

Jika ingin membersihkan akuarium secara total, tempatkan cupang avatar di wadah lain terlebih dahulu, pakai saringan khusus yang tidak merusak sirip dan ekornya. Barulah Anda bisa membersihkan akuarium dari lendir dan kotoran yang menempel.

Hindari mencuci akuarium dengan sabun, cukup dengan spons, setelah selesai, isi kembali dengan air yang bersih dan ikan cupang ini bisa dimasukkan kembali. Ganti airnya minimal 3 hari sekali.

Ciri Ciri Ikan Cupang Avatar dan Perbedaanya

Ciri Ciri Ikan Cupang Avatar.Ikan cupang avatar.merupakan salah satu jenis ikan cupang hias yang lagi rame di tahun 2021, bahkan avatar masih menduduki 5 besar ikan cupang yang harganya mahal dan bisa jadi karena ikan cupang avatar ini proses mutasinya lama, akan tetap akan eksis dan berjaya di tahun 2022 nanti.

Sangking hebatnya para peternak ikan cupang, baik di Indonesia maupun di negara lain, avatar kini memiliki banyak varian warna.

Dengan banyaknya varian warna ini terkadang menjadikan kita yang masih pemula dalam dunia percupangan bingung dibuatnya.

Sebenernya ciri-ciri ikan cupang avatar itu seperti apa sih?

Berawal dari sini, penjualcupang.com mencoba untuk menjelaskan pada temen-temen semua perihal ciri-ciri ikan cupang avatar.
 
Untuk mengenal dengan tepat cupang avatar, maka kita harus tau dulu penilaian standar ikan cupang. Selain itu, kita juga musti tau satu jenis ikan cupang yang mirip dengan ikan cupang avatar, karena ikan cupang ini sering
mengecoh kita.

Standar ikan cupang avatar admin rasa hanya di Indonesia saja, karena pada dasarnya di negara lain ikan ini tidak dinamai dengan ikan cupang avatar.

Di negara lain ikan cupang avatar disebut dengan nama black star galaxy, itu karena ikan cupang ini memiliki warna dasar hitam dan memiliki totol-totol warna biru.

Jadi jika temen-temen punya uang banyak dan ingin beli ikan cupang dari thailand misalnya, jika temen-temen bertanya ikan cupang avatar banyak kemungkinan mereka tidak tau, atau andaipun tau pastinya akan menunjukan ikan black star galaxy ini.

Untuk itu sebutlah nama jenis ikan cupang sesuai standar internasional jika temen-temen ingin membeli ikan cupang dari luar negri

Nah di tingkat nasional kita meyebutnya ikan cupang avatar, itu karena dalam perdagangan ikan cupang menyamakan warna dengan sesuatu yang menarik akan menjadikan penjualan ikan akan semakin laku keras.

Seperti contoh jenis ikan cupang hellycoyy,,,tentunya nama hellycoyy ini karena ikan cupang memiliki warna layaknya warna tubuh si hellycoyy yakni merah dan hitam.

Meskipun seiring berjalanya waktu,,,,ikan cupang hellycoyy memiliki banyak jenis warna, tidak hanya merah dn hitam saja….

Sama halnya dengan ikan cupang avatar, awalnya menurut admin yang mempopulerkan ikan cupang warna dasar hitam dengan totol-totol biru ini adalah seller bukan breeder.

Seller atau penjual cupang mencari-cari nama ikan yang menarik untuk warna dasar hitam dengan totol-totol biru, ketemulah serial animasi avatar.

Animasi tersebut juga sangat terkenal dan juga menarik di tonton layaknya hellycoyy, dengan seketika karena warna cocok, maka ikan cupang warna dasar hitam ini langsung meroket dengan nama avatar.

Apa saja sebenernya ciri-ciri ikan cupang avatar?

Ya tadi,,ikan cupang yang warna dasarnya hitam dan ada totol-totolnya berwarna biru.

Akan tetaapi pada saat ini dengan keahlian para peternak yang mengkawin silangkan ikan cupang, avatar tidak hanya memiliki totol-totol warna biru saja di badanya.

Ada jenis ikan cupang yang mirip dengan warna ikan cupang avatar, yaitu hitam dan biru yang disebut Blue Black ligh.

baiklah sekilas penjelasan ciri-ciri ikan cupang avatar, silahakn diskusikan jika penjelasan ini ada yang salah,Ikan Cupang Avatar.